Apa itu PDB?

February 23, 2013

 Powered by Max Banner Ads 

Apa itu PDB?

Hayoo siapa yang tidak tahu PDB? Sudah belajar 3 tahun masa belum tahu? Hihihi.. katanya PDB itu sangat ditunggu-tunggu oleh big boys loh. Dan keberadaan indikator ini adalah yang paling kuat dibandingkan dengan indikator lain. Lebih tepatnya adalah indikator fundamental. Karena sifatnya data, maka dikeluarkan di jadwal ekonomi. Lalu kapan sih PDB itu keluar? Dan apa saja pengaruh, cerita, dan perilisannya? Yuk pelajari lebih lanjut.

Pengertian PDB
PDB merupakan singkatan dari Produk Domestik Bruto. Dimana laporan dari rilis data ini sangat ditunggu-tunggu dan termasuk indikator paling penting. Karena sangat pentingnya, banyak dari trader-trader profesional akan menunggu kejadian rilis data yang terjadi. Dengan memanfaatkan rilis data PDB, maka Anda dapat mengetahui perjalanan market 3 bulan yang akan datang.

PDB adalah nilai moneter agregat dari semua barang dan jasa yang diproduksi oleh seluruh perekonomian selama satu kuarter (tidak termasuk kegiatan internasional). Angka inti untuk mencarinya adalah tingkat pertumbuhan PDB.

Waktu Perilisan
Untuk mengetahui waktu kapan dirilis Anda dapat melihatnya di kalender ekonomi. Dengan melakukan cek satu persatu data rilisnya..he he.. Namun Anda jangan khawatir, saya akan berikan bocorannya kapan rilis waktunya dimulai yaitu pada pukul 20.30 WIB pada hari terakhir setiap kuartal atau 3 bulan setiap tahun.

Cerita
Secara umum, perekonomian AS tumbuh sekitar 2,5-3% per tahun dan penyimpangan dari kisaran ini dapat membuktikan menjadi lebih berpengaruh. Pertumbuhan di atas tingkat ini sering dianggap tidak berkelanjutan dan pelopor untuk inflasi tinggi. Jadi, Fed biasanya merespon dengan mencoba untuk memperlambat sebuah ekonomi yang sedang “overheated”.

Pertumbuhan di bawah kisaran (dan pertumbuhan terutama negatif) berarti bahwa perekonomian berjalan lambat, yang dapat menyebabkan peningkatan pengangguran dan pengeluaran yang lebih rendah.

Perlu dicatat bahwa setiap laporan PDB awal akan direvisi dua kali sebelum angka akhir diselesaikan pada saat: Laporan “terdahulu” diikuti oleh laporan “awal” sekitar sebulan kemudian dan laporan akhir sebulan setelah itu. Revisi yang signifikan untuk jumlah terdahulu dapat menyebabkan tambahan gejolak harga pada pasar saat ini.

Angka-angka PDB dilaporkan dalam dua bentuk: yang pertama adalah dalam bentuk Dollar yang berlaku saat ini dan yang kedua dalam bentuk Dollar konstan. PDB dolar saat ini dihitung dengan menggunakan dolar hari ini dan membuat perbandingan antara periode waktu yang sulit karena akibat inflasi. PDB dolar konstan memecahkan masalah saat ini dengan mengubah informasi saat ini ke beberapa dolar era standar, seperti dolar pada tahun 1997. Proses ini menggambarkan akibat dari inflasi dan memungkinkan perbandingan yang mudah antar periode.

setujukah Anda mengenai ulasan di atas? Sampaikan pendapat Anda pada kotak post di bawah ini.

Did you like this? Share it:

Related posts:


 Powered by Max Banner Ads 
Previous Post
«
Next Post
»