Jim Rogers

Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)

Dia adalah ketua Rogers Holdings dan Beeland Interests, Inc. Ia juga merupakan mantan pemimpin Quantum Fund dan juga pendiri dari Rogers International Commodities Index (RICI).
Rogers adalah pendukung vokal dari pasar bebas.

Biografi
Rogers lahir di Baltimore, Maryland dan dibesarkan di Demopolis, Alabama.Dia memulai usaha pada usia lima tahun dengan menjual kacang tanah.Dia juga mengambil botol kosong yang ditinggalkan penonton di stadion bisbol. Dia mendapat pekerjaan pertamanya di Wall Street, di Dominick & Dominick, setelah lulus dengan gelar sarjana dari Universitas Yale pada tahun 1964. Rogers kemudian mendapat gelar BA dalam bidang Filsafat, Politik dan Ekonomi dari Balliol College, Oxford University pada tahun 1966.
Pada tahun 1970, Rogers bergabung dengan perusahaan Arnhold and S. Bleichroder. Pada tahun 1973 Rogers bersama-sama mendirikan Quantum Fund dengan George Soros. Selama 10 tahun berikutnya, portofolio yang dikelola naik 4200% disaat indeks S&P naik 47%.Quantum Fund merupakan sebuah perusahaan finansial internasional besar pertama yang pernah ada.
Pada tahun 1980, Rogers memutuskan untuk “pensiun”, dan menghabiskan sebagian waktunya untuk berpergian dengan sepeda motor di seluruh dunia. Sejak itu, ia telah menjadi profesor tamu bidang studi keuangan di Columbia University Graduate School of Business.
Pada tahun 1989 dan 1990, Rogers adalah moderator dari acara seminar  The Dreyfus Roundtable and FNN’s The Profit Motive.Dari tahun 1990 hingga 1992, ia melakukan perjalanan keseluruh dunia, termasuk Cina,dengan sepeda motor, lebih dari 100.000 mil (160.000 km) di enam benua, dan aksi Rogers tersebut masuik ke Guinness Book of World Records. Dia bercerita tentang petualangan dan investasi di seluruh dunia dalam Investasi Biker, sebuah buku investasi terlaris. Pada tahun 1998, Rogers mendirikan Rogers International Commodity Index. Rogers adalah seorang advokat vokal investasi pertanian dan, di samping Rogers Komoditi Index, yang terlibat dengan dua perusahaan yaitu Agrifirma yang berbasis di Brasil, dan Agcapita Farmland Investment Partnership yang berbasis di Kanada.

Antara 1 Januari 1999 dan 5 Januari 2002, Rogers dan istrinya, Paige Parker masuk dalam catatan Guinness World Record karena sudah melakukan perjalanan keliling dunia yaitu ke 116 negara yang mencapai 245.000 kilometer.Perjalanan dimulai dari Islandia lalu mengakhiri perjalanan di New York City. Dia menulis buku Adventure Capitalist tentang petualangan keliling dunia. Saat ini bukunya laris.
Setelah kembali pada tahun 2002, Rogers menjadi tamu reguler di Cavuto Fox News yang mengudara setiap hari Sabtu. Pada tahun 2005, Rogers menulis buku Hot KomoditiHow Anyone Can Invest Profitably in the World’s Best Market.Dalam buku ini, Rogers mengutip artikel seorang analis keuangan Yale School of Management, Geert Rouwenhorst, yang berjudul Fakta dan Fantasi tentang Komoditi Berjangka. Rogers berpendapat tulisan ini menunjukkan bahwa investasi komoditi merupakan salah satu investasi terbaik dari waktu ke waktu, yang merupakan konsep yang agak bertentangan dengan pemikiran investasi konvensional.
Pada bulan Desember 2007, Rogers menjual rumah di New York City senilai 16 juta USD dan pindah ke Singapura. Alasan kepindahannya adalah untuk menggarap potensi investasi di pasar Asia. Putri pertama Rogers sekarang sedang diajari dalam bahasa Mandarin untuk mempersiapkan dirinya untuk masa depan. Ia berkata pada putrinya : “Jika kau cukup cerdas pada tahun 1807 Anda pindah ke London, jika kau cukup cerdas pada tahun 1907 Anda pindah ke New York City, dan jika Anda cerdas di tahun 2007, maka kau bisa pindah ke Asia”. Dalam sebuah wawancara CNBC dengan siaran Bartiromo Maria pada tanggal 5 Mei 2008, Rogers mengatakan bahwa orang di Cina sangat termotivasi dan terdorong untuk maju disemua jenis lingkungan, dan ia ingin anak-anaknya juga termotivasi dan terdorong. Ia juga menyatakan bahwa ini adalah bahwa Asia merupakan Amerika dan Eropa dulu. Dia memilih untuk tidak pindah ke kota-kota Cina seperti Hong Kong atau Shanghai karena tingginya tingkat pencemaran lingkungan menyebabkan masalah kesehatan bagi keluarganya; maka, ia memilih Singapura. Dia juga menganjurkan investasi di beberapa pasar yang lebih kecil di perbatasan Asia seperti Sri Lanka dan Kamboja, dan saat ini menjabat sebagai penasihat Leopard Capital’s Leopard Sri Lanka Fund.Namun, ia tidak sepenuhnya percaya penuh dengan potensi pasar Asia, dimana ia tetap skeptis masa depan India.”India seperti yang kita tahu tidak akan bertahan lagi 30 atau 40 tahun”.
Rogers memiliki dua anak perempuan dari istrinya Paige Parker.Hilton Augusta (dijuluki Happy) lahir pada tahun 2003, dan kedua putri mereka Beeland Anderson pada tahun 2008. Buku terakhirnya, A Gift To My Children (Kado Untuk Anak-anak saya),mengandung pelajaran dalam kehidupan putrinya serta saran investasi yang cocok untuk menunjang pendidikan anak-anak. Buku tersebut dirilis pada tahun 2009.

Pada tanggal 4 November 2010, di Oxford University Balliol College, ia mendorong mahasiswa untuk mencari peluang karir di Wall Street atau distrik finansial di London. Tempat dimana pasar berjangka itulah seharusnya memulai karir dimana terdapat komoditas, bahan baku, sumber daya alam. Jangan pergi ke Harvard Business School. Jika Anda ingin membuat nasib dan kembali dan menyumbangkan uang dalam jumlah besar, tidak bisa mendapat dengan gelar MBA.

Sumber
Wikipedia

artikel bersangkutan
Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)
Timbangan Industri Timbangan Industri Timbangan Industri Timbangan Industri Bergaransi Timbangan Industri Bergaransi Timbangan Industri Bergaransi